26.2 C
Jakarta
Jumat, Juli 26, 2024

Rest Area Dibatasi Maksimum 30 Menit

armedia.news | Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy meminta pemudik untuk tidak berlama-lama di rest area jalan tol untuk menghindari kepadatan.

“Untuk rest area tetap ya, maksimum dibatasi 30 menit berada di rest area, dan kurang dari itu lebih bagus,” kata usai Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Ketupat 2024, di Jakarta Selatan, Senin (25/3).

Ia mengatakan saat ini sedang disimulasikan penambahan fasilitas di rest area, terutama fasilitas toilet perempuan.

Muhadjir menyebut berkaca pada tahun lalu, toilet perempuan adalah yang paling dibutuhkan.

Baca juga :  Pembukaan Pelaksanaan Latpra Ops Ketupat Lodaya T.A 2024 di Pimpin Langsung Kapolda Jabar

“Karena yang berlama-lama di toilet itu ternyata perempuan. Jadi mudah-mudahan kasus yang terjadi tahun lalu di mana antrean yang panjang memasuki rest area yang kemudian mengganggu jalan itu akan bisa dikurangi untuk tahun ini,” katanya.

Muhadjir juga meminta pemudik tidak berhenti di bahu jalan tol. Ia mengatakan banyak kasus kecelakaan imbas kendaraan berhenti di bahu jalan.

“Banyak sekali kejadian-kejadian kecelakaan karena parkir di bahu jalan diseruduk dari belakang, karena itu kami mohon benar-benar diperhatikan,” ujarnya.

Baca juga :  Berhenti Operasional Sementara Usai Ledakan RS Semen Padang

Pada kesempatan yang sama, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyatakan pihaknya telah mengecek jalur mudik mulai dari Banten hingga Jawa Timur untuk mengetahui titik yang harus diperbaiki, titik yang perlu ditambah marka jalan hingga titik rawan kecelakaan.

“Ini menjadi penting karena secara statistik terjadi penurunan laka lantas apabila dibanding 2022, namun demikian karena yang mudik meningkat, kita harapkan laka lantas dan juga kemacetan lalu lintas bisa di tahun 2024 betul-betul bisa kita kelola dengan baik,” katanya.

Baca juga :  Pembicaraan Tingkat 1, Baleg DPR-Mendagri Sepakat Masa Jabatan Kades Jadi 8 Tahun Maksimal 2 Periode

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Berita Populer

Cara mengatasi Drop FPS

Eksplorasi konten lain dari ArMedia Published

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca