34.3 C
Jakarta
Senin, Mei 20, 2024

Atasi Susah BAB Dengan Cara Alami

armedia.news | Jakarta – Susah BAB atau buang air besar adalah salah satu keluhan pencernaan yang umum terjadi. Penyebab susah BAB bisa bermacam-macam, mulai dari pola makan yang tidak seimbang, kurang minum, jarang melakukan aktivitas fisik, sering menahan BAB, dan lain sebagainya.

Susah BAB, atau yang dikenal juga sebagai sembelit, adalah kondisi ketika feses (tinja) menjadi lebih keras sehingga sulit untuk dikeluarkan. Akibatnya, BAB menjadi tidak lancar atau bahkan tidak keluar sama sekali.

Ketika mengalami sembelit, tidak disarankan untuk memaksakan BAB atau mengejan karena dapat memperparah kondisi. Bahkan, hal tersebut juga bisa memicu komplikasi, seperti wasir dan fisura ani.

Untungnya, ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi susah BAB secara alami di rumah. Apa saja? Dikutip dari berbagai sumber, berikut informasinya.

Baca juga :  Manfaat Cuka Apel bagi Kesehatan Tubuh

1. Berolahraga Ringan

Jika merasa kembung dan susah BAB selama beberapa hari, cobalah untuk melakukan aktivitas fisik. Pakar gastroenterologi, Samita Garg, MD mengatakan aktivitas fisik atau olahraga ringan dapat merangsang otot perut dan aliran darah ke usus, sehingga membantu melancarkan BAB.

Olahraga yang dilakukan pun tidak perlu yang terlalu menguras keringat, seperti berlari. Cukup dengan berjalan santai di sekitar komplek cukup untuk membantu mengatasi susah BAB.

2. Minum Kopi
Cobalah untuk mengonsumsi kopi hangat. Penelitian menunjukkan kopi berkafein dapat menstimulasi otot-otot pada sistem pencernaan.

Baca juga :  Syarat Berobat Pakai BPJS Kesehatan di Luar Kota saat Mudik Lebaran

Tak hanya itu, panas dari kopi juga dapat mendorong pergerakan usus, sehingga memunculkan rasa keinginan untuk BAB.

3. Mengonsumsi Makanan Tinggi Serat
Menambahkan makanan tinggi serat ke dalam menu makanan sehari-hari dapat membantu melancarkan pencernaan dan BAB. Pasalnya, makanan berserat tinggi dapat membuat tinja menyerap lebih banyak cairan dan membuatnya menjadi lebih lembut, sehingga mudah untuk dikeluarkan.

Adapun jenis makanan tinggi serat yang dapat dikonsumsi untuk mengatasi susah BAB di antaranya gandum utuh, kacang-kacangan, buah beri-berian, alpukat, dan legum.

4. Coba Posisi Jongkok
Posisi BAB sambil jongkok ternyata dapat membantu mengatasi sembelit. Dokter gastroenterologi sekaligus direktur Gastroenterology Institute of Southern California di Los Angeles, dr Peyton Berookim menjelaskan berjongkok dapat mengendurkan otot-otot di area perut serta mengangkat bagian usus besar, sehingga memudahkan pengosongan usus.

Baca juga :  Berpuasa di Masa Musim Hujan: 4 Hal yang Harus Diperhatikan Agar Imunitas Tubuh Terjaga

Jika BAB di toilet duduk, cobalah untuk menopang kaki dengan ganjalan atau bangku untuk mengangkat lutut dan menirukan posisi jongkok.

5. Perbanyak Minum Air Putih
Tetap terhidrasi dapat membantu BAB lebih teratur. Garg menuturkan minum banyak air putih, khususnya air hangat di pagi hari, dapat membantu melancarkan BAB.

Pastikan untuk selalu memenuhi kebutuhan cairan tubuh agar terhindar dari dehidrasi dan susah BAB. Setiap orang memiliki kebutuhan cairan yang berbeda-beda, tapi normalnya usahakan untuk mengonsumsi air putih 8 gelas atau sekitar 2 liter setiap hari.

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Lainnya

3 Manfaat Sperma Wanita

Manfaat Meremas Payudara

spot_img

Artikel TerPopuler

Eksplorasi konten lain dari ArMedia Published

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca