30 C
Jakarta
Rabu, Mei 29, 2024

Manfaat Cuka Apel bagi Kesehatan Tubuh

“Ada banyak manfaat cuka apel untuk kesehatan tubuh yang masih jarang diketahui. Mulai dari menjaga kesehatan kulit hingga membantu menurunkan tekanan darah.”

Jakarta – Cuka apel adalah hasil pengolahan fermentasi sari apel. Karena melalui proses fermentasi, cuka apel juga memiliki kandungan bakteri probiotik yang dapat membantu memelihara kesehatan saluran cerna. 

Cairan ini sangat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari. Mulai dari membantu proses memasak, perawatan kesehatan tubuh, hingga membersihkan perlengkapan rumah tangga yang memiliki noda membandel. Yuk, simak lebih lanjut mengenai manfaat cuka apel!

Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan

Dalam 100 gram cuka apel, terkandung berbagai macam nutrisi, di antaranya kalium, fosfor, magnesium, kalsium, dan zat besi.

Kandungan nutrisi tersebut yang membuat cuka apel mempunyai manfaat untuk kesehatan. Apa saja? Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Mengatur kadar gula dalam darah

Manfaat cuka apel yang paling terkenal adalah mengatur kadar gula dalam darah. Sebab, cuka apel dapat meningkatkan sensitivitas insulin, terlebih ketika tubuh mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat.

Cuka apel akan bekerja dengan memperlambat proses pelepasan gula dari makanan yang masuk ke dalam darah.

Hal tersebut dapat mencegah kadar gula dalam darah melonjak secara tiba-tiba, setelah mengonsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat tinggi.

Baca juga :  Syarat Berobat Pakai BPJS Kesehatan di Luar Kota saat Mudik Lebaran

2. Membantu menurunkan berat badan

Manfaat dari cuka apel lainnya yaitu membantu menurunkan berat badan. Efek panjang dari mengonsumsi cuka apel sebelum makan berat dapat menurunkan berat badan, walau tidak dalam jumlah yang banyak.

Penelitian pada Bioscience, Biotechnology, and Biochemistry menunjukkan bahwa pengonsumsian cuka apel selama 12 minggu secara rutin, mampu menurunkan berat badan dan menghilangkan lemak pada perut.

Meski begitu, penurunan berat badan tetap harus berjalan dengan menjaga pola makan dan berolahraga.

Tentu saja tidak bisa hanya dengan menjadikan cuka apel sebagai satu-satunya cara untuk menurunkan badan.

Jika kamu ingin mencoba diet menggunakan cuka apel, sebaiknya hubungi dokter terlebih dahulu untuk memastikan keamanannya. Nah, Ini Dokter Gizi yang Bisa Beri Info Seputar Diet yang bisa kamu hubungi.

3. Membunuh kuman pada makanan

Siapa sangka, ternyata cuka apel juga dapat membuat makanan menjadi lebih bersih dan higienis. Hal ini karena kandungan asam asetat yang lebih banyak daripada dengan jenis cuka lainnya. 

Kandungan tersebut dapat membunuh kuman berbahaya dalam makanan. Inilah sebabnya cuka apel sering digunakan atau dikonsumsi dengan lalapan, sayuran mentah, dan salad.

Baca juga :  Ejakulasi, Ketahui Proses dan Masalahnya

4. Membantu menurunkan tekanan darah

Tidak sedikit orang yang percaya bahwa cuka apel bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi pada pengidap hipertensi.

Sayangnya, penelitian yang menjelaskan tentang manfaat cuka apel bagi tekanan darah baru teruji pada hewan, sehingga belum terbukti secara klinis pada manusia.

5. Memberikan perlindungan pada sel tubuh

Tahukah kamu apa persamaan antara buah-buahan, sayuran, kopi, dan cokelat?

Semuanya jenis makanan tersebut memiliki kandungan antioksidan polifenol, yang berperan penting sebagai pelindung sel tubuh dari penyakit berbahaya dan kanker.

Ternyata, polifenol juga bisa kamu temukan pada cuka apel.

Meski belum ada bukti ilmiah yang menyatakan manfaat polifenol dalam cuka apel, tapi kemungkinan manfaatnya sama seperti yang terkandung dalam bahan makanan lainnya. 

6. Meningkatkan kesehatan kulit

Cuka apel menjadi salah satu pengobatan alami yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kulit kering dan eczema. Kulit secara alami mengandung sedikit asam.

Menggunakan cuka apel sebagai perawatan alami kulit mampu menyeimbangkan pH alami pada kulit. Dengan begitu, kulit akan terlindungi secara lebih baik.

Kamu juga bisa mengetahui cara menggunakan cuka apel untuk kesehatan kulit wajah melalui artikel ini → Kenali Manfaat Cuka Apel untuk Wajah dan Cara Menggunakannya.

Baca juga :  Bongkar Asal-usul Virus 'Zombie',Berpotensi Jadi Pandemi Baru

7. Mencegah jamur kuku

Jamur kuku atau onychomycosis infeksi jamur pada bagian kuku. Jika tidak kamu atasi, kondisi ini menyebabkan kuku menjadi rapuh.

Untuk mengatasinya, kamu bisa rendam bagian kuku yang mengalami kondisi ini menggunakan cuka apel dan campuran air hangat.

Rendam kuku selama 15-30 menit sebanyak 2 kali dalam satu hari. Setelah proses rendam, cuci dengan air bersih dan keringkan kuku. Hindari kuku yang lembap agar jamur tidak berkembang.

Itulah beberapa manfaat cuka apel untuk kesehatan tubuh. Meski bermanfaat, cuka apel tidak boleh kamu konsumsi secara tunggal.

Cara terbaik menggunakan cuka apel dengan menambahkannya pada masakan yang sedang kamu olah.

Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi cuka apel bersama dengan satu gelas air putih. Banyaknya cuka apel yang boleh kamu konsumsi berkisar dari 1-2 sendok teh (5-10 ml) hingga 1-2 sendok makan (15-30 ml).

Sebaiknya mulailah mengonsumsi cuka apel dengan dosis yang kecil. Kemudian kamu bisa menambah dosis secara perlahan. Pastikan tidak berlebihan mengonsumsi cuka apel, agar tidak menimbulkan efek negatif.

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Lainnya
spot_img

Artikel TerPopuler

Eksplorasi konten lain dari ArMedia Published

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca