34.1 C
Jakarta
Senin, April 22, 2024

Menhub Kembali Menyarankan Mudik lebih Awal Pada H-10 Hingga H-5

armedia.news | Jakarta – Menhub Budi Karya Sumadi kembali menyarankan masyarakat mulai mudik lebih awal pada H-10 hingga H-5 lebaran. Budi menyebut H-4 lebaran sudah memasuki puncak mudik.

“Saya secara khusus menyampaikan berkaitan dengan waktu mudik. Presiden telah menginformasikan atau menyarankan bahwa mudik itu kalau bisa H-10 sampai H-5,” ujar Budi Karya Sumadi di Polda Jateng, Semarang, Minggu (31/3/2024).

Budi mengatakan H-4 lebaran merupakan puncak mudik. Jika masyarakat mudik sebelum H-4, maka saat puncak mudik tidak terjadi kepadatan.

Baca juga :  Tuban Kembali di Goncang Gempa M 4,7

“Karena H-4 itu puncaknya, dan apabila itu dilaksanakan mungkin puncak mudik itu tidak terjadi dengan padat ya,” sebutnya.

Meski masyarakat memilih mudik ketika waktu puncaknya, kepolisian telah menyiapkan sekenario. Skenario itu juga telah siap untuk dilakukan.

“Bahwa kakorlantas menyiapkan skenario itu kalau lebih ringan lebih bagus. Itu bisa dilaksanakan,” ucap Budi.

193 Juta Orang Akan Mudik
Budi Karya Sumadi mengatakan pemudik pada masa Lebaran 2024 diprediksi mencapai 193 juta orang. Kemenhub melakukan sejumlah langkah antisipasi mulai dari pengaturan lalu lintas hingga mudik gratis.

Baca juga :  Pola Rekayasa Lalu Lintas di Sejumlah Tol saat Mudik Lebaran 2024

Sementara itu, sebanyak 28 juta orang diperkirakan akan meninggalkan Jabodetabek. Budi mengatakan pemudik Lebaran tahun ini akan meningkat.

“Dari angka tersebut, sebesar 14,6% atau 28,4 juta orang penduduk Jabodetabek akan melakukan perjalanan di masa mudik Lebaran 2024, hal ini mengindikasikan bahwa terdapat kecenderungan peningkatan minat masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik Lebaran 2024 dibandingkan tahun 2023 sebesar 45,8% atau 123 juta orang,” katanya.

Baca juga :  Polresta Bandung Buka Penitipan Kendaraan Bagi Pemudik

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Berita Populer

Eksplorasi konten lain dari ArMedia Published

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca