34.6 C
Jakarta
Kamis, Mei 30, 2024

Tips Persiapan Mudik Menggunakan Mobil Agar Tetap Aman dan Nyaman

armedia.news | Jakarta – Mudik Lebaran telah menjadi tradisi yang tidak dapat dipisahkan dari Tanah Air. Tiap tahunnya masyarakat yang bekerja di kota-kota besar harus melewati jarak ratusan kilometer untuk pulang ke kampung halaman demi merayakan Hari Raya Idul Fitri.

Tidak sedikit pemudik yang memilih transportasi pribadi untuk kembali ke tempat asalnya. Namun, untuk mudik lebaran 2024 ini pemerintah telah menghimbau untuk tidak menggunakan sepeda motor.

Oleh karena itu, mungkin beberapa pemudik akan segera beralih ke mobil. Sayangnya, seperti yang sudah kita ketahui, musim mudik tidak akan lepas dari yang namanya macet.

Mungkin jika menggunakan motor masih bisa selip sana-sini, tetapi pengendara mobil tidak dapat melakukan hal tersebut. Kondisi jalan yang macet dapat sangat menguras banyak waktu, dan tenaga. 

Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara persiapan mudik Lebaran dengan mobil pribadi. Kira-kira apa saja yang harus dipersiapkan?

Dilansir dari Astra Daihatsu, berikut beberapa tips mudik dengan mobil pribadi dengan hemat, aman dan nyaman:

1. Siapkan kondisi fisik agar tetap prima

Baca juga :  Wajib Ketahui Lokasi SPKLU di Tol Trans Jawa, Jika Mudik Dengan Mobil Listrik

Hal pertama yang perlu disiapkan adalah kondisi fisik. Pasalnya kondisi fisik yang tidak prima, dapat mengganggu konsentrasi pengendara. 

Oleh karena itu, pastikan untuk beristirahat dengan cukup serta mengonsumsi vitamin dan makanan bergizi sebelum mengendarai mobil.

Jika merasa kurang enak badan, lebih baik mengundur waktu mudik agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Pastikan kondisi mobil juga prima

Tidak hanya kondisi fisik saja yang harus prima, mobil yang akan dikendarai pun juga penting. Alangkah baiknya melakukan pengecekan dan perawatan mobil secara keseluruhan sebelum mudik.

Hal tersebut diperlukan agar performa mesin prima, dan mengurangi risiko terjadi kecelakaan.

3. Bijak dalam membawa barang bawaan dan penumpang

Selain kondisi fisik dan mobil, bijak dalam membawa barang apa saja yang perlu dibawa juga sangat penting. Selain itu, jumlah penumpang pun juga harus dibatasi sesuai kapasitas. 

Pastikan mobil tidak mengangkut penumpang dan barang bawaan melebihi kapasitas maksimal yang sudah ditentukan oleh pabrikan.

4. Persiapkan Untuk Menyediakan uang tunai

Meski zaman sekarang serba digital, alangkah baiknya  tetap membawa uang tunai. Pasalnya, tidak semua tempat memiliki pembayaran secara digital, contohnya ketika parkir umum, pergi ke WC umum, ataupun kuliner di warung.

Baca juga :  Polresta Bandung Buka Penitipan Kendaraan Bagi Pemudik

5. Menjaga daya baterai dan menyiapkan kuota internet

Menggunakan peta digital dapat memudahkan pemudik dalam mencari rute perjalanan. Oleh sebab itu, menjaga daya baterai sangat diperlukan agar ponsel tidak mati tiba-tiba. 

Untuk menyiasati kondisi tersebut, pemudik dapat menyiapkan power bank sebagai pengisi daya darurat. Selain itu, kuota internet juga harus diisi penuh.

6. Menyiapkan bekal

Membawa bekal makanan dan minuman dapat menghemat biaya pengeluaran. Umumnya, makanan dan minuman yang dijual di rest area memiliki harga yang lebih mahal. 

Selain itu, menyiapkan bekal dapat mencegah rasa lapar dan dehidrasi ketika menyetir mobil dengan jarak jauh. 

7. Mempelajari rute yang akan dilalui

Meskipun sudah ada map digital, pemudik juga perlu mempelajari rute tujuan perjalanan. Hal ini penting, agar perjalanan lancar dan tidak terjebak macet. 

Atau salah informasi terhadap peraturan ganjil genap. Selain itu, pengemudi juga tidak perlu terlalu sering melihat peta digital sehingga dapat lebih fokus ke jalanan.

Baca juga :  Toyota Fortuner Bermesin 4.000 cc di Buat Indonesia Untuk Ekspor

8. Sangat Penting Menyiapkan anggaran

Menyiapkan anggaran mudik jauh-jauh hari sangat diperlukan apalagi jika membawa mobil pribadi. Umumnya biaya untuk mudik dengan mobil pribadi akan lebih besar, karena perlu persiapan kondisi fisik, mobil, bekal, dan tempat penginapan apabila perjalanannya terlalu jauh.

9. Memastikan kondisi bahan bakar selalu penuh

Persiapan mudik dengan mobil pribadi berikutnya yaitu, pastikan tangki mobil Anda terisi penuh. Kondisi tersebut berguna untuk mengantisipasi kehabisan bahan bakar ketika melakukan perjalanan yang cukup jauh dan macet.

10. Menyiapkan tempat penginapan

Ketika perjalanan mudik jauh, menyiapkan tempat penginapan untuk beristirahat akan sangat krusial. Hal ini juga dapat menghindari pemudik dari tindak kejahatan pencurian barang di jalanan kota ataupun rest area.

11. Membawa perlengkapan anak

Jika mudik dengan si kecil, membawa semua perlengkapan anak seperti diapers, tissue, botol minuman, makanan, mainan dan sebagainya sangat wajib dilakukan. Jangan sampai perjalanan jadi terganggu karena harus mengurus sang buah hati.

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Lainnya
spot_img

Artikel TerPopuler

Continue to the category

Eksplorasi konten lain dari ArMedia Published

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca