34.3 C
Jakarta
Senin, Mei 20, 2024

Toyota Fortuner Bermesin 4.000 cc di Buat Indonesia Untuk Ekspor

armedia.news | Jakarta – Toyota menawarkan Fortuner dengan beberapa opsi mesin. Di Indonesia misalnya, Fortuner ditawarkan dalam tiga pilihan mesin yaitu 2.4L, 2.7L, dan 2.8L.

Tapi rupanya Fortuner buatan Indonesia juga ada yang versi mesin 4000 cc, lho! Namun demikian, SUV bongsor bermesin 4.0L itu diproduksi untuk kebutuhan pasar ekspor.

PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), memproduksi tiga varian Fortuner untuk pasar luar negeri yaitu 2.7L, 2.8L , dan 4.0L.

Khusus Fortuner bermesin 4.0L ini dipasarkan di beberapa negara, kebanyakan di kawasan Timur Tengah. Dikirim ke Bahrain, Ekuador, Irak, Kuwait, Lebanon, Libya, Oman, Qatar, Arab Saudi, hingga Yaman. Adapun mesin 4.0L yang tersemat pada Fortuner itu dipasangkan dengan transmisi otomatis (AT). Keseluruhan variannya juga diketahui mengusung bahan bakar bensin.

Baca juga :  Mobil Listrik Pertama Kalinya Xiaomi SU7, Calo Mencari Kesempatan

Jumlahnya pun cukup banyak. Dalam dua bulan di tahun 2024, ada 1.326 unit Fortuner 4.0L yang dikapalkan ke negara-negara tersebut.

Untuk spesifikasi, Fortuner 4.0L dibekali mesin V6 berkode 1GR-FE dengan penggerak 4WD. Mesinnya dipasangkan dengan transmisi otomatis 6 percepatan sebagaimana dikutip laman Toyota Bahrain. Secara dimensi tidak ada perbedaan signifikan yakni panjangnya 4.795 mm, lebar 1.855 mm, dan tinggi 1.835 mm. Jarak sumbu rodanya 2.745 mm. Tinggi ground clearancenya 279 mm. Radius putarnya 5,8 m. Kapasitas tangkinya juga sama yakni 80 liter.

Baca juga :  Sepakat Kerja Sama Nissan dan Honda

Perbedaan jelas ada pada tenaga yang disemburkan Fortuner 4.0L. Mesin V6-nya itu bisa menghasilkan tenaga maksimal 235 daya kuda pada 5.200 rpm dan torsi maksimal 376 Nm pada 3.800 rpm.

Toyota Fortuner itu juga sudah dilengkapi dengan fitur Toyota Safety Sense (TSS) yang memiliki beberapa fungsi seperti pre-collision system, dynamic radar cruise control, lane departure alert with yaw assist function, hingga clearance sonar. Ada juga fitur drive-start control yang bisa mendeteksi pergantian gigi yang abnormal saat berakselerasi. Nantinya peringatan akan muncul di layar MID mobil sehingga diharapkan mencegah mobil tabrakan.

Baca juga :  Toyota Starlet Bakal Kembali Dengan Emblem GR
Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Lainnya

3 Manfaat Sperma Wanita

Manfaat Meremas Payudara

spot_img

Artikel TerPopuler

Continue to the category

Eksplorasi konten lain dari ArMedia Published

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca