34.6 C
Jakarta
Kamis, Mei 30, 2024

Cara Meredakan Batuk Tanpa Obat

Cara meredakan batuk tanpa obat ada bermacam-macam, mulai dari minum air putih yang cukup sampai mengonsumsi rempah tertentu, seperti jahe. Cara ini bisa dicoba sebagai perawatan alami untuk mengobati batuk di rumah, terutama ketika batuk mulai membandel dan mengganggu kenyamanan.

Batuk adalah respons alami tubuh untuk mengeluarkan atau membersihkan saluran pernapasan dari benda asing yang bersifat iritatif. Batuk umumnya bisa sembuh sendiri dan bukan merupakan kondisi yang serius. Namun, untuk membantu mempercepat penyembuhan, Anda bisa mencoba cara meredakan batuk tanpa obat.

Meski demikian, jika batuk tak kunjung sembuh atau justru menjadi makin parah, Anda perlu waspada hal tersebut bisa saja disebabkan oleh penyakit yang lebih serius, seperti asma, ISPA, dan pneumonia. Untuk menangani batuk yang susah sembuh, Anda tetap perlu berkonsultasi ke dokter.

Cara Meredakan Batuk Tanpa Obat

Saat terkena batuk, Anda tidak perlu terburu-buru minum obat batuk. Ada beberapa cara meredakan batuk tanpa obat yang juga tak kalah ampuh, antara lain:

1. Minum air putih yang cukup

Orang dewasa perlu mengonsumsi air putih sekitar 2 liter atau 8 gelas per hari. Tak hanya berperan penting untuk mencegah dehidrasi, air putih juga bisa meredakan batuk.

Dengan menenggak air putih, dahak akan menjadi lebih encer sehingga iritasi pada tenggorokan berkurang. Dengan begitu, batuk pun bisa lebih cepat mereda.

Baca juga :  Raja Charles III Idap Kanker Prostat? Istana Beberkan Faktanya

2. Konsumsi madu

Cara meredakan batuk tanpa obat selanjutnya adalah dengan mengonsumsi 1–2 sendok madu sebelum tidur. Berbagai riset mengungkap bahwa madu mempunyai fungsi yang sama dengan obat batuk, seperti dekstrometorfan, dalam meredakan batuk.

Manfaat madu ini bisa didapat karena madu dapat melapisi atau menenangkan selaput lendir di tenggorokan yang mengalami iritasi. Selain itu, madu juga membantu mengurangi produksi dahak sehingga cukup efektif dalam meredakan batuk berdahak maupun batuk kering.

3. Makan nanas

Konsumsi nanas bisa membantu meredakan batuk. Cara meredakan batuk tanpa obat ini didapat karena kandungan bromelain di dalam nanas telah terbukti mampu meredakan peradangan dan mengencerkan dahak.

Selain bromelain, nanas juga kaya akan vitamin C. Vitamin ini diketahui dapat meningkatkan imunitas tubuh, sehingga dapat membuat Anda cepat pulih dari sakit, termasuk dari keluhan batuk.

4. Minum air jahe

Bila di dapur Anda tersedia jahe, cobalah untuk memanfaatkannya sebagai obat batuk alami. Jahe bisa meredakan batuk karena rempah ini bersifat antiradang dan antitusif alami, sehingga dapat menekan rangsang batuk.

Jahe juga dapat mengencerkan lendir atau dahak yang ada di paru-paru dan tenggorokan, sehingga batuk bisa lebih cepat sembuh.

Baca juga :  Bukan Cuma Gatal, Ini 5 Gejala Infeksi Jamur pada Vagina

Cara meredakan batuk tanpa obat ini cukup mudah. Tuangkan 3 cangkir air ke dalam panci dan masukkan 1 ruas jahe yang telah diiris tipis ke dalamnya. Rebus sampai mendidih, lalu tuangkan air jahe ke cangkir. Teh jahe siap dikonsumsi dalam keadaan hangat.

5. Kumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam tidak hanya membantu mengatasi sakit tenggorokan, tetapi juga batuk. Pasalnya, air garam dapat mengurangi iritasi pada tenggorokan sekaligus mengencerkan dahak.

Cara meredakan batuk tanpa obat dengan berkumur menggunakan air garam juga mudah. Anda hanya perlu mencampurkan ½ sendok teh garam dengan 1 gelas air, lalu aduk hingga garam larut dan gunakan untuk berkumur.

Saat berkumur, tenggak air garam dan biarkan agar cairan tersebut tetap berada di tenggorokan selama beberapa menit, setelah itu keluarkan dari mulut.

6. Mandi dengan air hangat

Mandi dengan air hangat atau menghirup uap hangat dapat meredakan batuk yang disertai dengan pilek. Ini karena uap panas yang dihasilkan oleh air hangat mampu mengencerkan dahak sekaligus melembapkan saluran napas. Hasilnya, batuk dan pilek yang Anda derita pun mereda.

Selain mampu meredakan batuk, mandi air hangat juga membawa sejumlah manfaat, seperti mengurangi stres dan nyeri otot, membuat tidur menjadi lebih nyenyak, dan melegakan pernapasan.

Baca juga :  Hubungan Intim Bisa Bakar Kalori Tubuh

7. Gunakan air purifier

Jika memungkinkan, Anda juga bisa memasang air purifier di kamar atau di ruangan yang sering Anda tempati untuk mengurangi intensitas batuk. Ini karena air purifier mampu menjaga kualitas udara tetap baik.

Ketika udara bersih dari debu, asap rokok, dan polusi, tenggorokan dan saluran napas menjadi lebih tenang dan batuk akan cepat hilang.

Namun, penting untuk menjaga kebersihan air purifier dengan baik karena alat ini bisa menjadi tempat jamur berkembang biak. Jika kebersihannya tidak dijaga, air purifier justru bisa membuat batuk menjadi makin parah.

Bila cara meredakan batuk tanpa obat tersebut tidak membuahkan hasil atau batuk yang Anda derita menjadi makin parah, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi obat batuk yang dijual bebas di apotek. Namun, konsumsilah obat tersebut sesuai dengan aturan yang tertera pada kemasan.

Jika cara meredakan batuk tanpa obat atau konsumsi obat tidak kunjung membuat batuk sembuh, batuk berlangsung lebih dari 3 minggu, atau disertai dengan gejala lain, seperti demam, berkeringat di malam hari, sesak napas, dan nyeri dada, sebaiknya konsultasikan dokter untuk mendapatkan penanganan yang sesuai

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Lainnya
spot_img

Artikel TerPopuler

Eksplorasi konten lain dari ArMedia Published

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca