34.6 C
Jakarta
Kamis, Mei 30, 2024

Tips Berhubungan Intim yang Sehat

Berhubungan intim tidak hanya dilakukan untuk memuaskan hasrat seksual, tetapi juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Agar Anda dan pasangan bisa mendapatkan manfaatnya dengan maksimal, mari ketahui beberapa tips berhubungan intim yang menyehatkan.

Ada beragam manfaat berhubungan intim bagi kesehatan, seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan tekanan darah dan risiko terkena serangan jantung, meningkatkan kontrol kandung kemih pada wanita, mengendalikan stres, hingga meningkatkan kualitas tidur.

Namun, sebelum bercinta, ada baiknya bila Anda dan pasangan mengetahui lebih dulu tips berhubungan intim agar aktivitas seks bisa lebih terasa nikmat sekaligus menyehatkan.

Tips Berhubungan Intim untuk Pria

Ada beberapa tips berhubungan intim khusus bagi pria, di antaranya:

1. Awali dengan foreplay

Foreplay atau ‘pemanasan’ merupakan salah satu langkah penting dalam berhubungan seksPasalnya, hasrat seksual wanita biasanya tidak datang secepat pria. Oleh karena itu, foreplay diperlukan untuk meningkatkan gairah pasangan agar bisa saling menikmati hubungan seksual.

Anda dapat mengawalinya dengan melakukan hal kecil, seperti berpegangan tangan, berpelukan, melakukan cuddle, mencium, atau menonton film romantis bersama.

Selain itu, Anda juga bisa bereksplorasi untuk mengetahui area sensitif yang disukai pasangan Anda, seperti paha, punggung, payudara, vagina, atau klitoris. Dengan begitu, wanita akan lebih terangsang dan proses bercinta terasa lebih menyenangkan.

2. Lakukan variasi teknik dan posisi bercinta

Wanita sangat tergantung pada suasana hati saat berhubungan seks, sehingga teknik bercinta yang dilakukan sebelumnya belum tentu disukainya saat ini. Nah, cobalah lakukan cara lain untuk menambah variasi seks, lalu perhatikan responsnya.

Baca juga :  Manfaat Seks untuk Menurunkan Berat Badan

Misalnya, melakukan hubungan intim di tempat yang berbeda, mencoba posisi seks yang belum pernah dilakukan sebelumnya, atau menggunakan kostum dan berperan sebagai karakter tertentu.

Bahkan, tidak ada salahnya mencoba menggunakan mainan seks, seperti vibrator, dan jangan ragu untuk bertanya ke pasangan Anda apakah ia menyukai cara yang Anda lakukan.

3. Jalin komunikasi dengan baik

Komunikasi sangat berperan penting saat berhubungan intim. Anda bisa memberi tahu pasangan Anda mengenai apa yang disukai dan tidak disukai saat bercinta. Dengan mengetahui apa yang diharapkan satu sama lain, kepuasan hubungan seksual pun dapat terpenuhi satu sama lain.

4. Penetrasi bukan cara utama

Banyak pria yang menganggap penetrasi sebagai cara utama untuk memberikan kepuasan seksual atau orgasme pada wanita. Padahal, ada juga sebagian wanita yang tidak bisa mendapatkan orgasme hanya dengan penetrasi saat berhubungan intim.

Oleh karena itu, diskusikan dengan pasangan terkait keinginan Anda dalam berhubungan seksual, sehingga Anda bisa belajar memahami kebutuhan dan keinginan masing-masing.

Tips Berhubungan Intim untuk Wanita

Untuk mendapatkan hubungan intim yang berkualitas, ada beberapa cara yang dapat wanita coba lakukan, yaitu:

Ambil inisiatif

Banyak wanita yang merasa takut atau malu untuk mengajak berhubungan intim lebih dulu. Alasannya bermacam-macam, misalnya takut dianggap agresif atau mengurangi kesan positif.

Baca juga :  Apakah Pria Menelan Cairan Vagina Bahaya?

Padahal, kebanyakan pria biasanya akan merasa senang jika pasangannya mulai lebih dulu. Jadi, jika ingin menyenangkan hati pasangan, jangan ragu lagi untuk mengambil inisiatif guna merangsang pasangan, ya.

Jangan cepat tersinggung

Ada kalanya pasangan menginginkan atau memberi usul sesuatu yang baru. Anda jangan terburu-buru tersinggung dengan idenya. Ide tersebut terlontar bukan karena ia tidak menyukai gaya Anda, tetapi didasari oleh keinginan pada sesuatu yang belum pernah dilakukan.

Tidak ada salahnya untuk mengikuti keinginannya, karena siapa tahu Anda bisa mendapatkan sesuatu yang lebih menyenangkan.

Jangan terlalu mengkhawatirkan bentuk tubuh

Wanita sering kali terlalu mengkhawatirkan bentuk tubuh dan kondisi fisik, sehingga kurang menikmati momen saat berhubungan intim. Hal ini tentu akan membuat Anda dan pasangan sulit mencapai orgasme. Padahal, kebanyakan pria tidak terlalu memperhatikan bentuk tubuh pasangannya.

Tips Berhubungan Intim untuk Para Pasangan

Tips berikut ini dapat berupa aktivitas yang bisa dilakukan bersama-sama, baik ketika akan melakukan hubungan intim maupun saat menjalani kegiatan sehari-hari. Aktivitas yang dimaksud meliputi:

1. Bertukar pesan mesra

Cobalah untuk saling memperlihatkan sikap mesra. Tidak hanya saat akan berhubungan intim, tetapi melalui telepon atau pesan singkat yang bersifat mesra dan erotis juga dapat membuat Anda dan pasangan menjadi lebih bergairah.

2. Berbagi fantasi

Setiap orang memiliki fantasi atau keinginan yang berbeda-beda dalam berhubungan intim. Oleh karena itu, jangan ragu untuk saling menceritakan fantasi masing-masing untuk kemudian dilakukan bersama-sama di atas ranjang.

Baca juga :  Apa itu Ereksi? Mengenal Ereksi Normal dan Cara Mencegah Gangguannya

3. Memberikan pijatan lembut

Pijatan lembut bisa membuat tubuh menjadi lebih rileks. Saling memijat secara perlahan juga dapat menjadi salah satu pilihan untuk foreplay. Tak hanya itu, aktivitas ini juga dapat menjaga kedekatan atau keintiman dengan pasangan.

4. Melakukan hubungan seks dengan santai

Tidak perlu terburu-buru dalam memulai hubungan intim. Anda dan pasangan akan dapat lebih menikmati hubungan seks bila dilakukan dengan penuh kasih sayang dan dalam suasana yang santai.

5. Lakukanlah senam kegel

Baik wanita maupun pria, berlatih senam Kegel penting dilakukan untuk meningkatkan kebugaran, meningkatkan aliran darah, mencapai orgasme yang lebih intens, memperkuat otot dasar panggul, dan membuat rileks otot vagina agar kegiatan bercinta terasa lebih nyaman.

Selain berbagai tips berhubungan intim yang hangat dan menyehatkan di atas, Anda juga perlu menerapkan perilaku seks sehat, yaitu dengan setia pada satu pasangan dan menggunakan kondom. Cara ini akan melindungi Anda dari risiko penularan penyakit seksual.

Jika Anda atau pasangan mengalami keluhan saat atau setelah behubungan intim, misalnya sulit dirangsang meski sudah melakukan beragam cara di atas, nyeri di bagian perut atau organ intim, atau keluar perdarahan dari organ intim setelah berhubungan seks, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Lainnya
spot_img

Artikel TerPopuler

Eksplorasi konten lain dari ArMedia Published

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca