34.6 C
Jakarta
Kamis, Mei 30, 2024

Diskon Tarif Tol Selama Mudik Lebaran 2024

armedia.news | Jakarta – Anggota BPJT Unsur Masyarakat Kementerian PUPR Tulus Abadi mengatakan sejumlah Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) berencana memberikan diskon tarif bagi para pemudik selama periode libur Mudik Lebaran 2024.

“Kemungkinan ada ruas tol yang diberikan diskon, kalau gratis nggak. Diskon tapi yang memberikan diskon BUJT-nya atau operatornya, bukan pemerintah. Nanti mungkin soal itu bersinergi (antara pemerintah dengan BUJT) tetapi keputusan untuk memberikan diskon itu BUJT,” kata Tulus pada agenda Forum Merdeka Barat 9, Senin (25/3/2024).

“Karena ini kan menyangkut investasi dan segala macam sehingga pemerintah tidak bisa interferensi terlalu dalam terkait dengan tarif karena sudah ditetapkan,” tambahnya.

Tulus mengatakan pemberian diskon tarif tol ini dilakukan untuk merangsang masyarakat agar melakukan perjalanan mudik lebih awal. Dengan begitu jumlah kendaraan yang melintas pada puncak arus mudik yang diperkirakan jatuh pada 5-8 April 2024 dan puncak arus balik pada 13-16 April 2024 akan lebih sedikit.

Baca juga :  Kalender Februari 2024: Tanggal Merah, Hijriah, hingga Cuti Bersama

“Harapannya kan diskon (tarif tol) itu diberikan agar masyarakat lebih duluan mudik, tadi kan oleh Menteri Perhubungan (Budi Karya Sumadi) diimbau agar masyarakat lebih awal melakukan perjalanan mudik, jangan terfokus pada hari tertentu seperti H-4, tetapi bisa lebih awal dan salah satunya dirangsang dengan memberikan diskon tarif oleh badan usaha jalan tol,” terang Tulus.

Meski begitu, Tulus tidak bisa memastikan jalan tol mana saja ataupun periode waktu kapan diskon tarif ini akan diberlakukan. Sebab seperti yang sudah sampaikan, keputusan terkait pemberian diskon tarif tol ini merupakan hak dari perusahaan pengelola jalan tol itu sendiri.

Baca juga :  Klarifikasi Pihak Alfamart, Terkait Mudik Gratis Dipungut Uang Iuran
“Sekali lagi ini kompetensi atau kewenangannya badan usaha jalan tol atau operator jalan tol, bukan pemerintah. Tentu penetapannya akan didiskusikan,” tegasnya lagi.

Sebagai tambahan informasi, dalam catatan detikcom PT Jasa Marga (Persero) merupakan salah satu BUJT yang berencana untuk memberikan diskon tarif tol selama libur Lebaran 2024. Namun BUMN pengelola jalan tol ini juga belum bisa memastikan apakah pihaknya benar-benar akan memberikan diskon tarif tol di sejumlah ruas yang dikelolanya atau tidak.

Baca juga :  Mudik Gratis 2024: Cara Daftar dan Rute Program Mudik Gratis Pemprov DKI Jakarta

“Untuk rencana potongan tarif tol sampai saat ini Jasa Marga masih mendiskusikannya dengan pihak terkait, khususnya dengan Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI) dan juga Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) lainnya untuk bisa dievaluasi,” kata Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana, saat ditemui di Kantor Pusat Jasa Marga, Jakarta, Kamis (21/3) kemarin.

Sementara pada Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023-2024, Jasa Marga memberikan diskon sebesar 10% untuk pengendara yang melakukan perjalanan menerus dari Tol Cikampek Utama hingga Tol Kalikangkung.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Berita Populer

Eksplorasi konten lain dari ArMedia Published

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca