27.8 C
Jakarta
Kamis, Mei 30, 2024

Perbandingan Samsung S23 dan S24

armedia.news – Samsung Galaxy S24 series resmi meluncur di pasar global lewat acara “Galaxy Unpacked”, yang digelar di Amerika Serikat pada 17 Januari lalu. Lini ponsel ini dibagi menjadi tiga model, yakni Samsung Galaxy S24 “reguler”, S24 Plus, dan S24 Ultra.

Samsung Galaxy S24 “reguler” diposisikan sebagai model paling dasar di lini Samsung S24 series. Ponsel ini menjadi suksesor Samsung Galaxy S23 “reguler” yang dirilis pada Februari 2023 lalu.

Sebagai penerus, Samsung S24 membawa sejumlah peningkatan. Misalnya di sektor layar, hadirnya fitur-fitur kecerdasan buatan (artificial intelligence) Galaxy AI, chipset, baterai, dan lain sebagainya.

Kendati demikian, di beberapa sektor, spesifikasi Samsung S24 dan S23 masih memiliki persamaan, seperti pada bagian desain dan kamera.

Seperti pendahulunya, Samsung S24 dibekali kamera selfie 12 MP (f/2.2), sedangkan kamera belakangnya dibagi menjadi kamera utama 50 MP (f/1.8), kamera ultra wide 12 MP (f/2.2), dan kamera telefoto 10 MP (f/2.4).

Kamera depan ini ditempatkan di tengah atas layar dalam modul Infinity-O alias lubang (punch hole). Sementara itu, kamera belakangnya disusun secara vertikal tanpa modul.

Selengkapnya, berikut ini perbandingan spesifikasi Samsung Galaxy S24 dan Samsung Galaxy S23.

Peningkatan layar di Galaxy S24

Layar Samsung

Perbedaan pertama terletak pada bagian layar. Samsung S24 “reguler” mengusung panel Dynamic LTPO AMOLED 2x berukuran 6,2 inci, dengan resolusi Full HD Plus (2.340 x 1.080 piksel), dan HDR 10 Plus. Spesifikasi ini identik dengan layar Samsung S23.

Bedanya, layar Samsung S24 reguler memiliki tingkat kecerahan (brightness) maksimum 2.600 nits, lebih terang dari layar Samsung S23 (1.750 nits).

Baca juga :  Aksesoris Untuk Temani Galaxy S24 Anda

Dengan peningkatan kecerahan ini, pengguna bisa dengan nyaman menggunakan layar ponsel di bawah sinar matahari.

Layar Samsung S24 turut dibekali pemindai sidik jari (fingerprint) di bawah layar (in-display) dan sudah dilindungi oleh kaca Gorilla Glass Victus 2.

Beda chipset

Di sektor dapur pacu, Samsung Galaxy S24 “reguler” versi Indonesia diotaki oleh System-on-Chip (SoC) Exynos 2400 bikinan Samsung. Jadi, chipset 5G yang digunakan berbeda dari Samsung S23, yang mengandalkan Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy.

Exynos 2400 memiliki sepuluh inti (deca core) dengan kecepatan clock maksimal 3,39 GHz. Sementara itu, Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy merupakan SoC delapan inti (octa core) dengan clockspeed maksimum 3,36 GHz.

Adapun penggunaan Exynos 2400 ini berbeda dari Samsung S24 di pasar global yang menggunakan Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3.

Menurut Verry Octavianus selaku MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia, pemakaian chipset Exynos 2400 bergantung pada berbagai faktor, seperti ketersediaan chipset, strategi Samsung di pasar yang berbeda, hingga spesifikasi jaringan dan hal lainnya yang bervariasi di setiap negara.

Perbedaan chipset ini bukan berarti Samsung S24 dan S24 Plus tidak sehebat S24 Ultra. Samsung memastikan sudah ada berbagai penyesuaian yang dilakukan agar performanya tidak jomplang.

Ruang penyimpanan Galaxy S24 lebih luas

Samsung S24 dan Samsung S23 sama-sama menggunakan RAM dengan kapasitas 8 GB. Akan tetapi, kapasitas ruang penyimpanan (storage) keduanya berbeda. Samsung S24 memiliki storage 256 GB/512 GB, sementara Samsung S23 punya pilihan storage 128/256 GB.

Baca juga :  Redmi Note 13 Pro 5G Rilis Bulan Depan

Storage yang lebih luas ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan lebih banyak file, aplikasi, game, foto, video, dan lain sebagainya.

Peningkatan baterai

Samsung S24 “reguler” ditopang oleh baterai berkapasitas 4.000 mAh, meningkat dari baterai 3.900 mAh milik Samsung Galaxy S23. Baterai tersebut didukung fitur pengisian daya cepat (fast charging) 25 Watt dengan kabel (wired) dan 15 Watt nirkabel (wireless).

Dengan fitur fast charging tersebut, pengguna bisa mengisi daya ponsel hingga 50 persen dalam kurun waktu 30 menit. Baterai juga disebut bisa bertahan empat jam lebih lama untuk pemutaran video dibanding Samsung S23.

Galaxy AI

Perbandingan Samsung S23 dan S24

 Lihat FotoBerikutnya, Samsung S24 membawa teknologi kecerdasan buatan Galaxy AI untuk menelepon, browsing web, mengirim pesan, edit foto, hingga menulis catatan.

Salah satu fitur Galaxy AI adalah Live Translate, yakni penerjemah suara dan teks dua arah yang berlangsung real time pada panggilan telepon. Kemudian ada Interpreter untuk menejermahkan bahasa secara instan via tampilan split-screen pada perangkat.

Fitur lainnya yang bisa menerjemahkan bahasa mencakup Chat Assist, Note Assist, Transcript Assist, dan Browsing Assist.

Pengguna juga dapat mengandalkan fitur Circle-to-Search, untuk mencari nama gedung hingga baju yang dipakai artis terkenal dari sebuah gambar secara instan.

Jaminan pembaruan sistem operasi 7 generasi

Samsung S24 menjalankan sistem operasi (OS) Android 14 yang dilapisi tampilan antarmuka (UI) OneUI 6.1. Hal ini berbeda dari Samsung S23 yang saat peluncurannya mengandalkan Android 13 dan antarmuka OneUI 5.1.

Baca juga :  Main Fortnite di Android, Minimal HP Punya RAM 4 GB

Samsung menjamin ponsel terbarunya itu bakal mendapatkan pembaruan sistem operasi Android sebanyak tujuh generasi.

Artinya, OS di Samsung S24 reguler dan Samsung S24 Plus bisa di-upgrade hingga Android 21 pada 2031 mendatang (apabila format penamaan masih sama).

Ini merupakan peningkatan signifikan dari komitmen Samsung sebelumnya, di mana Samsung memberikan jaminan upgrade OS Android hingga empat generasi pada Samsung Galaxy S23 series.

Samsung Galaxy S24 juga dijamin mendapatkan pembaruan keamanan hingga tujuh tahun. Sebagai perbandingan, Samsung memberikan jaminan security update hingga lima tahun di generasi sebelumnya.

Beda dimensi dan warna

Perbedaan berikutnya terletak pada desain, utamanya dimensi dan warna. Samsung S24 “reguler” memiliki dimensi panjang 147 mm, lebar 70,6 mm, ketebalan 7,6 mm, dengan bobot 167 gram.

Sebagai perbandingan, Samsung S23 “reguler” memiliki dimensi panjang 146,3 x 70,9 x 7,6 mm dengan bobot 168 gram. Dengan kata lain, Samsung S24 lebih panjang dan sedikit lebih ringan ketimbang pendahulunya itu.

Soal warna, Samsung S24 hadir dalam empat varian warna, yakni Onyx Black, Marble Gray, Cobalt Violet, dan Amber Yellow. Khusus di Indonesia, Samsung S24 ditawarkan juga dalam tiga pilihan warna eksklusif, yaitu Sapphire Blue, Jade Green, dan Sandstone Orange.

Di sisi lain, Samsung S23 dijual dalam varian warna Phantom Black, Lavender, Cream, Green, Graphite, dan Lime.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Populer

Eksplorasi konten lain dari ArMedia Published

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca