34.4 C
Jakarta
Rabu, Mei 29, 2024

Samsung Galaxy S24 Ultra Dengan Layar Terbaik Versi DxOMark

armedia.news – Samsung Galaxy S24 Ultra dinobatkan memiliki kualitas layar terbaik di dunia per Senin (5/2/2024). Predikat ini diberikan oleh situs benchmarking pencitraan digital, DxOMark.

Berdasarkan hasil pengujian, layar Samsung S24 Ultra memiliki skor keseluruhan 155 poin. Angka ini mengungguli deretan ponsel flagship lain di antaranya Google Pixel 8 Pro (154 poin), Samsung Galaxy Z Fold 5 (152 poin), Google Pixel Fold (151 poin), hingga Apple iPhone 15 Pro Max (149 poin).

DxOMark menilai performa layar Samsung 24 Ultra dengan enam kriteria utama. Adapun ponsel flagship paling mumpuni dari Samsung untuk sekarang itu mendapatkan poin tertinggi di kriteria “Motion” (156/156 poin) serta “readability” (161/162 poin).

Dalam kriteria Motion, performa layar Galaxy S24 Ultra dinilai dari bagaimana layar menangani konten dinamis. DxOMark meneliti aspek frame drop, motion blur, dan playback artifacts menggunakan video dan game.

Hasilnya, performa Motion layar S24 Ultra mampu menangani mixmatch frame bingkai saat memutar video. Selain itu, layar akan menyesuaikan kecepatan refresh-nya dengan kecepatan bingkai video, sehingga menghindari guncangan.

Baca juga :  iOS 18 Fokus ke AI, Update Fitur Besar-besaran

Menurut DxOMark, dalam hal keterbacaan (readbility), S24 Ultra nyaris mencapai skor tertinggi dengan kinerjanya yang mengesankan di lingkungan yang menantang.

“Dalam pengujian kami di bawah sinar matahari yang terik, perangkat mencapai kecerahan puncak sebesar 2572 nits (mendekati 2600 nits yang diiklankan),” tulis DxOMark.

Tingkat kecerahan layar Samsung S24 Ultra itu jauh di atas Galaxy S23 Ultra yang mencapai 1750 nits.

Selain itu, kata DxOMark, penambahan kaca anti-reflektif berfungsi untuk memperdalam kontras agar gambar lebih jelas dalam kondisi menantang.

Kaca yang dimaksud ini adalah Corning Gorilla Armor yang disebut mampumengurangi refleksi cahaya hingga 75 persen dalam berbagai kondisi pencahayaan serta daya tahan gores meningkat 4 kali lipat.

“Kombinasi kinerja ini berarti bahwa di bawah sinar matahari langsung, tidak perlu mencari tempat teduh atau menutupi layar dengan tangan agar dapat melihat dan membaca apa yang ada di layar,” tulis DxOMark, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari situs resmi DxOMark, Selasa (6/2/2024).

Baca juga :  Main Fortnite di Android, Minimal HP Punya RAM 4 GB

Meskipun performanya bagus di luar ruangan, menurut DxOMark, kecerahan layar S24 Ultra mungkin sedikit tidak tepat dalam kondisi lain. Hasil pengujian DxOMark menunjukkan bahwa kecerahan layar terkadang bisa terlalu tinggi di malam hari dan terlalu rendah jika digunakan di dalam ruangan.

Secara keseluruhan, DxOMark menilai layar Samsung S24 Ultra memiliki empat keunggulan (pro) dan tiga kekurangan (kontra). Berikut ini poin-poinnya:

Pro:

Keterbacaan yang baik di bawah sinar matahari, berkat kecerahan puncak yang sangat tinggi.

Peningkatan pengelolaan pantulan layar, berkat teknologi kaca canggih (Corning Gorilla Armor).

Rendering warna yang akurat di sebagian besar lingkungan pencahayaan.

Manajemen yang sangat baik untuk mixmatch frame saat menonton semua jenis video atau bermain video game.

Kontra :

Tingkat kecerahan yang terlalu tinggi dalam performa video.

Baca juga :  Aksesoris Untuk Temani Galaxy S24 Anda

Kurangnya kecerahan dan detail dalam lingkungan pencahayaan dalam ruangan.

Manajemen yang buruk terhadap sentuhan yang tidak disengaja.

Hasil pengujian layar Samsung S24 Ultra dari DxOMark bisa dibaca selengkapnya melalui tautan berikut.

Spesifikasi layar Samsung S24 Ultra

Layar Samsung S24 Ultra tersebut mengusung panel Dynamic LTPO AMOLED 2X berukuran 6,8 inci. Layar ini mendukung resolusi QHD Plus, adaptif refresh rate 1-120Hz, serta HDR10+.

Layar Galaxy S24 Ultra kini memiliki tingkat kecerahan layar puncak (peak brightness) hingga 2.600 nits, lebih terang dibandingkan layar Galaxy S23 Ultra (1.750 nits). Samsung mengatakan, layar ponsel ini visibilitas yang lebih baik di luar ruangan dengan Vision Booster.

Layar ponsel ini juga mendukung pemindai sidik jari di bawah layar (in-display fingerprint scanner). Seperti sebelumnya, layar Galaxy S24 Ultra masih dibekali desain Infinity-O dengan sebuah lubang (punch hole) yang menampung kamera selfie beresolusi 12 MP (f/2.2).

RELATED ARTICLES

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Populer

Eksplorasi konten lain dari ArMedia Published

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca