26.2 C
Jakarta
Kamis, April 18, 2024

Wajib Ketahui Lokasi SPKLU di Tol Trans Jawa, Jika Mudik Dengan Mobil Listrik

armedia.news | Jakarta – Puncak arus mudik lebaran 2024 diperkirakan akan terjadi pada 5-10 April 2024. PT Jasa Marga memperkirakan akan ada 1,8 juta kendaraan keluar dari wilayah Jabodetabek melewati tol Trans Jawa saat mudik Lebaran 2024 ini.

Bagi pemudik yang akan menggunakan mobil listrik, Jasa Marga melalui anak usahanya PT Jasamarga Related Business (JMRB) sudah menyiapkan 49 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di rest area yang terserbar di Tol Trans Jawa.

Charger listrik untuk EV ini dipastikan siap beroperasi dalam rangka mendukung mudik Lebaran.

Direktur Utama PT JMRB Denny Abdurachman mengatakan bahwa Jasa Marga menambah hampir tiga kali lipat jumlah Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Rest Area Jasa Marga Group.

“Jumlah SPKLU di rest area Jasa Marga saat ini mencapai 49 titik, yang sebelumnya hanya 17 titik. Sebelas di antaranya telah di upgrade dari normal charging ke fast charging sehingga untuk kendaraan listrik tipe tertentu dapat terisi optimal dengan waktu pengisian selama 30 menit,” ujar Denny di Jakarta, Selasa, 2 April 2024.

Baca juga :  Recall Toyota Land Cruiser 300-Lexus LX600, Apa Masalahnya?

Saat mengisi daya baterai, pengguna jalan dapat menikmati sejumlah fasilitas dan layanan di rest area.

Lokasi SPKLU di Tol Trans Jawa

Selain SPKLU, Jasa Marga bersama Pertamina berkolaborasi untuk memastikan kecukupan Bahan Bakar Minyak (BBM) pengguna jalan di SPBU rest area, salah satunya dengan menyediakan SPBU Modular di 14 lokasi rest area yang beberapa di antaranya telah dilakukan penyesuaian perubahan sistem dispenser SPBU solar menjadi Pertamax.

Jasa Marga juga bersama pemangku kepentingan lainnya menyelenggarakan 29 posko kesehatan di sejumlah rest area yang akan membantu pengunjung untuk melakukan pengecekan kesehatan selama perjalanan, hingga penambahan toilet fungsional sebanyak 599 bilik.

Baca juga :  Tips Persiapan Mudik Menggunakan Mobil Agar Tetap Aman dan Nyaman

Kecukupan air bersih juga dipastikan dengan menambah pasokan air bersih di toilet dan sarana ibadah, penambahan petugas pengatur lalu lintas hingga 141 personil guna mempercepat penanganan rekayasa lalu lintas dan arus kendaraan, serta petugas keamanan yang bersiaga selama 24 jam yang membuat pengunjung dapat beristirahat dengan nyaman di rest area.

Jasa Marga juga akan mengalihkan fungsi toilet pria menjadi toilet wanita karena antrean panjang cenderung terjadi di toilet wanita dan toilet pria nantinya akan menggunakan toilet fungsional.

Baca juga :  Layanan Penitipan Kendaraan Gratis Polres Mojokerto Kota
Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Lainnya
spot_img

Artikel TerPopuler

Continue to the category

Eksplorasi konten lain dari ArMedia Published

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca