27.8 C
Jakarta
Rabu, Mei 29, 2024

Uji Publik Aturan e-SIM, Kominfo Cegah Penyalahgunaan

armedia.news | Jakarta- Meski seluruh operator seluler telah memperkenalkan teknologi Embedded Subscriber Identity Module (e-SIM), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) baru melakukan uji publik aturan mengenai implementasi teknologi eSIM.

Tercatat operator seluler seperti Smartfren, Indosat Ooredoo Hutchison, XL Axiata, hingga Telkomsel sudah memperkenalkan layanan e-SIM kepada para pelanggannya.

Melalui Direktorat Telekomunikasi, Ditjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika sedang menyusun Rancangan Peraturan Menteri tentang Pemanfaatan Teknologi Embedded Subscriber Identity Module oleh Penyelenggara Jaringan Bergerak Seluler dan Penyelenggara Jaringan Satelit.

Baca juga :  ASUS ROG Phone 8 Series siap rilis di Indonesia 20 Maret 2024

“Peraturan Menteri ini bertujuan untuk mengoptimalkan pemanfaatan, mencegah penyalahgunaan, dan menjamin kepastian hukum pemanfaatan teknologi Embedded Subscriber Identity Module di Indonesia,” ujar Kominfo dalam siaran persnya.

Adapun yang akan diatur pada Rancangan Peraturan Menteri tentang Pemanfaatan Teknologi Embedded Subscriber Identity Module oleh Penyelenggara Jaringan Bergerak Seluler dan Penyelenggara Jaringan Satelit adalah sebagai berikut:

a) Sistem Provisioning e-SIM;
b) Registrasi pelanggan;
c) Profil e-SIM; dan
d) Penomoran e-SIM.

Baca juga :  Update Windows 10 akan berukuran lebih kecil, Punya Teknologi Sama Dengan Windows 11

Uji Publik rancangan permenkominfo tentang teknologi e-SIM ini bertujuan untuk mendapatkan tanggapan dan masukan dari para pemangku kepentingan yang terkait. Harapannya dapat menyempurnakan aturan tersebut sebelum disahkan.

“Sehingga dihasilkan regulasi yang komprehensif untuk mendukung ekosistem e-SIM di Indonesia,” kata Kominfo.

Tanggapan terhadap Uji Publik Rancangan Peraturan Menteri tentang Pemanfaatan Teknologi Embedded Subscriber Identity Module oleh Penyelenggara Jaringan Bergerak Seluler dan Penyelenggara Jaringan Satelit ini dapat disampaikan melalui email subditpenomoran@kominfo.go.id sampai dengan tanggal 16 Mei 2024.

Baca juga :  iOS 18 Fokus ke AI, Update Fitur Besar-besaran

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Populer

Eksplorasi konten lain dari ArMedia Published

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca