27.2 C
Jakarta
Senin, April 22, 2024

7 Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh dan Dimatikan

armedia.news – Hampir seluruh model HP saat ini menggunakan jenis layar touch screen. Melalui layar HP inilah pengguna dapat menjalankan berbagai aplikasi dan mengontrol aktivitas serta navigasi HP.

Ketika layar HP tidak dapat disentuh dan dimatikan, tentu akan sangat mengganggu pengguna. Nah, ini beberapa solusi yang bisa membantu sebelum dibawa ke tempat perbaikan.

Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh dan Dimatikan pada Android
Dilansir dari laman MakeUseOf, solusi berikut bisa dicoba pada layar HP yang tidak responsif.

1. Lakukan Reboot pada HP
Cara ini mungkin terkesan remeh, namun bisa jadi solusi yang cepat dan mudah. Reboot HP dapat membantu memulai kembali sistem yang error.

Untuk melakukan reboot, tekan dan tahan lama tombol daya untuk memunculkan menu daya, kemudian pilih opsi restart apabila memungkinkan. Cara lainnya untuk melakukan reboot adalah dengan menekan tombol daya dan tombol volume up secara bersamaan.

Baca juga :  Cara Aktifkan Stolen Device Protection Agar iPhone Tak Dibobol

2. Terapkan safe mode
Fitur safe mode memungkinkan HP berfungsi dengan menggunakan software bawaan dan menghilangkan aplikasi dari pihak ketiga, yang bisa menyebabkan masalah. Pada sebagian besar perangkat android terbaru, fitur safe mode dapat diaktifkan dengan cara tekan dan tahan tombol daya.

3. Mengontrol HP menggunakan Suara atau Gerakan
Saat ini, HP android dilengkapi fitur untuk mengontrolnya lewat suara dan gerakan sehingga tidak perlu mengandalkan panel sentuh. Fitur ini dapat diaktifkan melalui setting atau pengaturan. Pada setting, pilih opsi accessibility, lalu voice access lalu nyalakan fitur use voice access.

Baca juga :  Bikin Speed WiFi di Rumah jadi Lebih Kencang

4. Lepaskan Pelindung Layar
Lapisan plastik atau kaca Pelindung layar ternyata dapat sentuhan, sehingga layar HP tidak responsif. Jika layar bermasalah, Anda bisa mencoba melepaskan sejenak pelindung layar untuk memperbaiki responnya.

Cara Mengatasi Layar HP tidak bisa disentuh dan dimatikan pada iPhone

Berikut sederet cara yang dapat dicoba seperti dijelaskan dalam situs Lifewire:

1. Lakukan Hard Reset
Sebelum melakukan hard reset, pastikan data-data penting Anda sudah dibackup di iCloud agar tidak terhapus. Berikut langkah melakukan hard reset pada iPhone:

  • Tekan dan lepaskan tombol volume up secara cepat
  • Tekan dan lepaskan tombol volume down secara cepat
  • Tekan dan tahan lama tombol samping iPhone
  • Lepaskan tombol samping saat muncul logo Apple.
Baca juga :  Cara Menampilkan Jam Posting Artikel di Wordpress

2. Gunakan Assistive Touch
Fitur assistive touch dapat sangat berguna ketika tombol fisik home pada iPhone tidak berfungsi . Assistive touch memungkinkan pengguna untuk mengatur HP layaknya menggunakan tombol fisik.

3. Pulihkan Perangkat iPhone
Layar HP iPhone yang tidak responsif mungkin disebabkan adanya masalah pada software. Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba mengatur ulang HP dari awal. Namun, cara ini cukup berisiko karena seluruh data dan pengaturan akan terhapus dari ponsel Anda.

Itu dia beberapa solusi yang bisa Anda terapkan apabila HP Anda mengalami masalah layar tidak bisa disentuh dan dimatikan. Apabila belum berhasil, jangan ragu segera diperbaiki tenaga profesional.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Populer

Redmi A3x : Terbaru Dari Xiaomi Segera Hadir

Bikin Speed WiFi di Rumah jadi Lebih Kencang

Cara mengatasi Drop FPS

Eksplorasi konten lain dari ArMedia Published

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca