31.5 C
Jakarta
Senin, Mei 20, 2024

Banjir di Grobogan, Kapolda Jateng dan Pangdam Kunjungi Lokasi Pengungsian

Grobogan,  Polda Jateng – Akibat luapan air sungai Lusi, sebanyak 113 Desa yang terbagi di 13 kecamatan dari total 19 wilayah kecamatan di Kabupaten Grobogan terdampak banjir. Hal itu pun mendapat atensi dari berbagai pihak, termasuk TNI Polri.

Sebagai wujud empati terhadap para korban banjir, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen Deddy Suryadi bersama Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi mengunjungi tempat pengungsian sekaligus dapur umum untuk warga terdampak banjir di Balai Desa Getasrejo Kecamatan Grobogan Kabupaten Grobogan pada Minggu (17/3/2024).

Baca juga :  Terobosan Bupati Bandung, Percepat dan Permudah Serah Terima PSU Perumahan

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda Jateng menyempatkan diri untuk menyapa 170 orang pengungsi akibat banjir yang terjadi di Kecamatan Grobogan.

“Bapak ibuk kalau ada yang dibutuhkan di tempat pengungsian ini, silahkan sampaikan. Saya dan Pak Pangdam sudah perintahkan Kapolres dan Pak Dandim untuk mencukupi kebutuhan para pengungsi. Pengungsi adalah yang utama,” kata Kapolda Jateng.

Kapolda Jateng menambahkan, dari pantauan udara menggunakan helikopter pihaknya telah melakukan pengecekan. Dari hasil pantauan tersebut diketahui bahwa aliran air sungai Lusi masih meluap dan deras.

Baca juga :  BBM Pertalite Dicampur Air

“Untuk antisipasinya, saya sudah koordinasi dengan Pangdam dan nanti siang akan kita lakukan rapat bersama BNPB,” imbuh Irjen Ahmad Luthfi.

Disampaikan Irjen Ahmad Lutfhi, bahwa di wilayah Jawa Tengah terdapat 7 Kabupaten atau Kota yang terdampak banjir. Ketujuh wilayah tersebut diantaranya Pekalongan Kota, Kajen, Grobogan, Demak, Kudus, Pati, Jepara, Blora.

“Semuanya akibat daripada curah hujan yang tinggi, kemudian drainase dan lain sebagainya,” ujar Kapolda Jateng.

Baca juga :  Kemacetan Gedebage, Pemkot Bandung Minta Exit Tol KM 149 dan 151 Gedebage Dibuka

Menurut Kapolda Jateng, pengungsi adalah yang nomor satu. Oleh karena itu dilakukan pengecekan terkait pendistribusian bantuan, pengecekan kesehatan, dapur umum dan trauma healing.

“Ini kami lakukan secara serentak sehingga masyarakat akan merasa terbantu. Saya dengan Pangdam akan selalu koordinasi untuk bersama-sama dalam rangka mengatasi problem banjir,” pungkas Kapolda Jateng.

Dalam kegiatan tersebut, Pangdam IV/Diponegoro bersama Kapolda Jateng dan Forkopimda Grobogan juga menyerahkan bantuan berupa sembako pada warga terdampak banjir.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Berita Populer

3 Manfaat Sperma Wanita

Manfaat Meremas Payudara

Eksplorasi konten lain dari ArMedia Published

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca