33.5 C
Jakarta
Senin, Juli 22, 2024

Bikin Speed WiFi di Rumah jadi Lebih Kencang

armedia.news – Kecepatan WiFi menjadi salah satu faktor penting yang mempengaruhi kecepatan internet. Dengan kecepatan internet yang cepat, kamu dapat melakukan hal-hal yang membutuhkan bandwith besar sekalipun, seperti menonton streaming video, bermain game online, melakukan panggilan video, dan lain sebagainya.

Namun banyak yang belum mengetahui, ada beberapa faktor yang mempengaruhi kecepatan internet, seperti banyaknya jumlah pengguna internet di jaringan yang sama, jarak antara router dan perangkat, kualitas sinyal, hingga beban lalu lintas internet.

Lantas, bagaimana caranya agar speed WiFi di rumah bisa menjadi lebih cepat. Berikut beberapa trik yang dibagikan oleh armedia.news:

Baca juga :  Cara Ampuh Mempercepat Loading Website

Menggunakan Router Baru dan Canggih
Untuk meningkatkan speed WiFi, pertama-tama pastikan untuk menggunakan router WiFi terbaru dan canggih. Router yang lebih baru dan canggih memiliki kemampuan untuk mengirimkan sinyal WiFi dengan kecepatan yang lebih cepat dan lebih stabil. Router baru juga memiliki fitur-fitur canggih seperti MU-MIMO dan beamforming, yang dapat meningkatkan kecepatan dan jangkauan sinyal WiFi.

Menempatkan Router di Tempat yang Tepat
Lokasi router WiFi pun sangat mempengaruhi speed WiFi. Pastikan untuk menempatkan router di tempat yang strategis dan terbuka. Hindari meletakkan router di sudut ruangan atau di balik furnitur yang besar, karena hal ini dapat membatasi jangkauan sinyal dan speed WiFi. Tempatkan router di tengah ruangan atau di atas meja, agar sinyal WiFi dapat menyebar secara merata ke seluruh area.

Baca juga :  Cara Flush DNS di Windows, Linux, Mac & Chrome

Memperbarui Firmware Router
Firmware adalah sistem operasi yang berjalan pada router WiFi. Pastikan untuk memperbarui firmware router WiFi secara teratur. Pembaruan firmware biasanya memperbaiki bug dan masalah keamanan, serta meningkatkan kecepatan dan performa router. Kamu dapat memperbarui firmware router melalui aplikasi atau situs web router.

Menggunakan Frekuensi 5 GHz
Speed WiFi dapat dipengaruhi oleh frekuensi yang digunakan. Frekuensi 2,4 GHz umumnya lebih lambat dan lebih rentan terhadap gangguan dari perangkat elektronik lain, sementara frekuensi 5 GHz lebih cepat dan lebih stabil. Jika perangkat mendukung frekuensi 5 GHz, pastikan untuk menggunakannya untuk meningkatkan kecepatan WiFi.

Baca juga :  Cara Aktifkan Stolen Device Protection Agar iPhone Tak Dibobol

Menambahkan Extender WiFi
Untuk rumah atau kantor yang besar, mungkin ada beberapa area di mana sinyal WiFi tidak mencapai. Dalam situasi ini, dapat menggunakan extender WiFi untuk meningkatkan jangkauan sinyal dan speed WiFi. Extender WiFi adalah perangkat kecil yang menambahkan jangkauan sinyal WiFi dan memperluas area cakupan WiFi.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Populer

Eksplorasi konten lain dari ArMedia Published

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca