29 C
Jakarta
Rabu, Mei 29, 2024

Gempa Dua Kali Guncang Kabupaten Bandung

armedia.news | GARUT – Gempa berkekuatan M 4.2 melanda Kabupaten Bandung. Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Gempa terjadi pukul 10:06 WIB dengan kedalaman 4 KM. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, Ph.D., melalui siaran pernya menyampaikan, pusat gempa di 7.20 LS – 107.57 BT. 

Gempa berada di Darat dan tidak berpotensi tsunami. Gempa dirasakan selama 2-3 detik di Kabupaten Bandung, Rabu (01/05/2024). “Berikutnya gempa kembali terjadi pukul 20:35 WIB, pusat  gempa di 7.82 LS 107.26 BT dengan kekuatan M 4 pada kedalaman 24 km,” jelas Muhari. 

Baca juga :  Jaringan Pemalsu Beras Bulog Jadi Kemasan Premium di Malang, Polisi Berhasil Bongkar

Lokasi terdampak gempa meliputi Desa Pangalengan, Sukamanah, Margamukti, Pulosari, Wanasari di Kecamatan Pangalengan.  Desa Trumajaya di Kecamatan Kertasar. Desa Banjaran Wetan di Kecamatan Banjaran. Menurut hasil laporan Pusdalops BNPB, sebanyak 3 kepala keluarga terdampak. 

Untuk kerugian material sebanyak 3 unit rumah terdampak, 2 unit Mesjid terdampak,  3 unit sekolah terdampak dan 1 unit Puskesmas terdampak. “Untuk upaya penanganan pasca kejadian gempa, BPBD Kabupaten Bandung terus monitor dan mendata wilayah yang terdampak gempa,” urai Muhari.

Baca juga :  Pemkab Kediri Pastikan Ketersediaan Stok Cabai Aman

BNPB menghimbau kepada warga untuk selalu waspada apabila terjadi gempa susulan dan menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa sebelumnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Berita Populer

Eksplorasi konten lain dari ArMedia Published

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca